Festival Ekonomi Milenials 2019 Dongkrak Potensi Ekonomi Kreatif Jatim

Home / Berita / Festival Ekonomi Milenials 2019 Dongkrak Potensi Ekonomi Kreatif Jatim
Festival Ekonomi Milenials 2019 Dongkrak Potensi Ekonomi Kreatif Jatim Kepala Biro Administrasi Perekonomian Sekdaprov Jatim, Dyah Wahyu Ermawati, Jumat (6/12/2019).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESSIDOARJO, SURABAYA – Provinsi Jawa Timur menggelar Festival Ekonomi Milenials 2019 pada 13 - 15 Desember 2019 mendatang di Grand City Surabaya.

Pameran ini bertujuan meningkatkan ekonomi nasional dengan pengembangan ekonomi kreatif, mengeksplorasi daya kreasi dan daya cipta anak negeri, mengenalkan produk usaha kreatif Jatim, peningkatan kualitas dan pengembangan desain terbaru, serta memberikan kesempatan mengembangkan usaha bagi para pelaku ekonomi kreatif.

Sebelum dipamerkan, produk - produk ekonomi kreatif terlebih dahulu melewati proses kurasi oleh Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Festival-Ekonomi-Milenials-2019.jpg

Kepala Biro Administrasi Perekonomian Sekdaprov Jatim, Dyah Wahyu Ermawati, mengatakan, ada 16 sub sektor dalam ekonomi kreatif. Namun tidak mudah untuk memilah.

"Oleh karena itu perlu melewati proses kurasi agar menghasilkan produk unggul," kata Erma, Jumat (6/12/2019).

Ia menambahkan, jika ekonomi kreatif membutuhkan skill bisnis. Namun, agar memiliki nilai yang besar, maka perlu didukung keunikan lokal dan nilai seni.

"Ada standar yang harus dipenuhi agar hak intelektual tidak diabaikan, oleh karena itu proses kurasi dilakukan," tandasnya.

Festival Ekonomi Milenials sendiri menggabungkan produk ekonomi kreatif dengan Millenial Job Center (MJC) sebagai salah satu penggerak atau inisiator.

Festival-Ekonomi-Milenials-2019-a.jpg

MJC merupakan program besutan Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak. MJC berperan mewadahi talenta, mentor dan klien untuk menciptakan ekosistem freelancer yang kompetitif dan kondusif di Jatim.

Talenta yang muncul dengan ide kreatif akan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif milenial.

"Ekonomi kreatif dan MJC bersinergi mendukung pertumbuhan ekonomi Jatim," tandasnya.

Erma menambahkan, road map pembangunan ekonomi kreatif telah disusun di Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jatim agar tahun mendatang menemukan cluster sub sektor potensial.

"Sehingga wajah ekonomi kreatif Jatim makin kuat dan makin dikenal," tambahnya.

Pemprov menyambut hangat para pelaku ekonomi kreatif dan milenial untuk bergabung bersama membangun Jatim dalam Festival Ekonomi Milenials 2019. (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com