Patuhi Protap Covid, Shalat Id di Rutan Perempuan Porong Berlangsung Khidmat

Home / Berita / Patuhi Protap Covid, Shalat Id di Rutan Perempuan Porong Berlangsung Khidmat
Patuhi Protap Covid, Shalat Id di Rutan Perempuan Porong Berlangsung Khidmat Penyembelihan kurban di Rutan Perempuan Porong. (foto: ruper porong)

TIMESSIDOARJO, SURABAYA – Pelaksanaan shalat Idul Adha, Rabu (31/7/2020) di tengah pandemi Covid di Rutan Perempuan Porong, Sidoarjo, berlangsung khidmat dan penuh haru. Para warga binaan dengan khusyuk bertakbir di aula rutan.

Mereka merasakan benar bahwa pandemi Covid ini mereka jalani dengan kepatuhan penuh pada protokol kesehatan pandemi Covid. Jamaah menjaga jarak shaf. Bahkan khatib pun dari internal rutan.

"Protokol kesehatan dijalankan secara penuh di rutan perempuan ini sebagai bentuk pencegahan terhadap penyebaran Covid-19," ucap Karutan Perempuan Porong Amiek Dyah Ambarwati

Para warga binaan yang mengikuti Shalat Id pun mematuhi protokol ini. Mereka memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk lokasi shalat. Mereka pun dengan khidmat melantunkan takbir dan tahmid bersama.

Tak jarang jamaah warga binaan yang meneteskan air mata. Tanda khidmat dan perenungan yang mendalam.

rutan.jpg

Khatib pun mengingatkan bahwa semua jamaah warga binaan harus terus meningkatkan keikhlasan dengan cara menerima ketetapan Allah. Sebagaimana Nabi Ibrahim yang menerima perintah Allah untuk menyembelih putra kesayangannya, Ismail.

"Bayangkan seseorang yang menanti hadirnya seorang anak selama puluhan tahun. Saat anak sedang cinta-cintanya pada sang anak, tiba-tiba diminta mengikhlaskan anak itu. Betapa pedihnya jika itu menimpa kita semua," tutur khatib.

Namun, di situlah letak keikhlasan seorang Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail tentang ketetapan Allah. Bahwa apapun takdirnya, jika itu sudah menjadi ketetapan, maka sesungguhnya itu juga kehendak Allah. Demikian juga warga binaan yang ada di rutan perempuan ini. 

"Tidak ada kesedihan yang berlarut jika kita tawakal. Tidak ada sesuatu yang tidak ada hikmahnya jika kita bersabar. Kesedihan datang, kegembiraan juga akan menyusul. Karena semuanya sudah ditetapkan oleh Allah," tutur sang khatib.

Dalam Idul Adha kali ini, Rutan Perempuan Porong menyembelih satu ekor sapi dan 2 kambing. Daging diberikan kepada warga binaan dan warga sekitar rutan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com