Indonesia Hanya Sehari untuk Mencoblos, India Butuh Sebulan

Home / Berita / Indonesia Hanya Sehari untuk Mencoblos, India Butuh Sebulan
Indonesia Hanya Sehari untuk Mencoblos, India Butuh Sebulan Ilustrasi Partai Politik peserta Pemilu 2019 (FOTO: Antara)

TIMESSIDOARJO, JAKARTA – Selain Indonesia, pada bulan April 2019 ini negara India juga tengah menyelenggarakan pemilihan umum. 

Bedanya, jika Indonesia hanya butuh sehari saja dalam pencoblosan, negara Bollywood ini perlu sebulan lebih untuk menyelesaikan rangkaian hari pencoblosan, dimulai tanggal 11 April hingga 19 Mei 2019.

Alasan India membutuhkan waktu relatif lama dikarenakan banyaknya jumlah pemilih yang mencapai 930 juta orang, dan dilaksanakan bergiliran di negara bagian. Sementara jumlah pemilih di Indonesia adalah sebesar 193 juta, dan berlangsung serentak di hari yang sama di seluruh Indonesia.

Lamanya penyelenggaraan Pemilu di India juga berpengaruh pada dana yang harus dikeluarkan negara. Total biaya untuk pemilu India tahun ini mencapai US$6,5 milyar atau Rp92 triliun. Bandingkan dengan Indonesia yang bisa lebih efisien dalam hal biaya sebesar Rp24,8 triliun.

Pemilu di Indonesia dan di India dianggap unik dan menakjubkan di Dunia, hal itu disebutkan oleh lembaga kajian Australia, Lowy Institute. Menurut kajian Lowy, keunikan pemilu di kedua negara adalah karena jumlah pemilihnya yang fantastis, namun tetap hemat dalam anggaran. 

Khusus di Indonesia, Peneliti Lowy melihat keunikan dari cara mencoblos yaitu dengan menggunakan paku untuk melubangi kertas suara, serta cara penghitungannya yang manual dan berjenjang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com