Caleg Nasdem Gresik Terpilih Divonis Dua Tahun

Home / Berita / Caleg Nasdem Gresik Terpilih Divonis Dua Tahun
Caleg Nasdem Gresik Terpilih Divonis Dua Tahun Suasana sidang putusan terdakwa H Mahmud. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESSIDOARJO, GRESIKCaleg Partai Nasdem Gresik terpilih, H Mahmud divonis dua tahun oleh majelis hakim. Ia terbukti melakukan tindak pidana penipuan jual beli tanah.

Putusan majelis hakim itu termasuk ringan, sebab vonis tersebut berbeda dari tuntutan jaksa yang menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 3 tahun.

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang diketuai Putu Gede Hariadi berpendapat, yang dilakukan terdakwa dengan menerima uang hampir Rp 15,3 miliar untuk pembebasan tanah dari PT Bangun Sarana Baja (BSB) itu tak digunakan semestinya.

"Terdakwa tak menggunakan dengan semestinya seperti yang tertuang dalam perjanjian, maka perbuatan tersebut memenuhi unsur melawan hukum," katanya, Kamis (15/8/2019).

Tidak hanya itu, terdakwa kata Putu yang menyuruh saksi Kastar dan Rodiyah untuk mencari tanah dan diberi cek giro blong alias tidak ada uangnya padahal terdakwa sudah menerima pembayaran dari PT  BSB meskipun tidak semuanya diberikan sesuai perjanjian.

"Menghukum terdakwa dengan hukuman penjara selama 2 tahun," tegas majelis hakim.

Atas vonis tersebut, terdakwa melalui kuasa hukumnya Michael dan Gunadi akan menyatakan banding. Selain itu dikatakannya, pihaknya akan melakukan penangguhan penahanan agar terdakwa dapat mengikuti pelantikan anggota DPRD Gresik pada 23 Agustus mendatang.

"Kalau diperkenankan kami ingin mengajukan penangguhan agar terdakwa dapat dikeluarkan dari penjara hanya untuk mengikuti pelantikan sebagai anggota dewan tanggal 23 Agustus," pinta kuasa hukum terdakwa, menanggapi Caleg Nasdem Gresik, H Mahmud yang divonis dua tahun penjara. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com