Menhan RI: Generasi Muda Teruskan Pembangunan dan Pertahankan Kesatuan Bangsa

Home / Berita / Menhan RI: Generasi Muda Teruskan Pembangunan dan Pertahankan Kesatuan Bangsa
Menhan RI: Generasi Muda Teruskan Pembangunan dan Pertahankan Kesatuan Bangsa Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu berfoto dengan para peserta PCTA 2019 di Bali. (foto: Kemenhan RI)

TIMESSIDOARJO, DENPASAR – Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Ryamizard Ryacudu menyampaikan bahwa generasi muda Indonesia harus menumbuh kembangkan jiwa nasionalisme dan persatuan serta kesatuan. 

"Generasi muda yang merupakan duta-duta daerah terbaik dan pada saat gilirannya nanti akan meneruskan pembangunan dan mempertahankan keutuhan Bangsa dan Negara," kata Ryamizard, dalam Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2019, Kamis (12/9) di Denpasar, Bali. 

Ryamizard menyampaikan kegiatan PCTA merupakan upaya membangun generasi muda dalam kerangka dan wadah pembentukan kesadaran bela negara. Kegiatan yang telah berlangsung ke-8 kalinya ini, menjadi wujud nyata komitmen Kemhan dalam menumbuh kembangkan jiwa nasionalisme dan persatuan serta kesatuan. 

Menhan RI menyampaikan tema pada PCTA tahun ini sangat relevan dengan situasi saat ini, sejalan dengan upaya Pemerintah untuk terus meningkatkan generasi muda yang kreatif dan inovatif.

Selain itu, agar generasi muda mencintai dan mampu menampilkan kesenian daerahnya, hasil inovasi dan karya nyata serta pengetahuannya secara konstruktif dan komprehensif dalam mewujudkan pemuda yang memiliki karakter kebangsaan dan cinta tanah air.

Kegiatan PCTA ini diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh Kementerian Pertahanan RI dalam upaya menanamkan nilai kesadaran Bela Negara kepada Generasi Muda. PCTA Tingkat Pusat Tahun 2019 yang diselenggarkaan mulai 9 September 2019 ini, untuk pertama kalinya diselenggarakan di luar Pulau Jawa.

Rangkaian kegiatan PCTA Tingkat Pusat Tahun 2019 mengambil tema “Mewujudkan Semangat Generasi Muda yang Cinta Tanah Air dan Bela Negara Sebagai Dasar Penggerak Industri Kreatif”, diikuti para Pelajar Tingkat SLTA Sederajat dan Mahasiswa Perguruan Tinggi dari 34 Provinsi yang diwakili oleh masing–masing Tim Pemerang Lomba PCTA Tingkat Provinsi Tahun 2019.

Sebelum acara puncak, para peserta telah mengikuti serangkain kegiatan lomba karya inovasi dan kreativitas, menampilkan karya terbaiknya mulai kreasi kuliner, ragam aplikasi hingga teknologi. Selain lomba para peserta juga mendapatkan pembekalan motifasi kewirausahaan dari Pengusaha toko oleh-oleh Krisna Gusti Ngurah Anom dan Pengusaha kerajinan tangan Bara Silver Putu Sudi Adnyani.

Untuk acara puncak PCTA Tingkat Pusat Tahun 2019 diisi dengan serangkaian kegiatan pembekalan oleh Kementerian Pertahanan RI. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan pembacaan Puisi Bela Negara dan tarian – tarian daerah yang dipentaskan oleh generasi muda peserta PCTA Tingkat Pusat Tahun 2019.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com