Dari Drone Pengusir Hama hingga Robotika Ada di Festival Inovasi Pemuda IPNU Jatim

Home / Berita / Dari Drone Pengusir Hama hingga Robotika Ada di Festival Inovasi Pemuda IPNU Jatim
Dari Drone Pengusir Hama hingga Robotika Ada di Festival Inovasi Pemuda IPNU Jatim Pembukaan Festival Inovasi Pemuda 2019 yang diselenggarakan IPNU Jatim. (Foto: TIMES Indonesia Network)

TIMESSIDOARJO, SIDOARJO – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama atau IPNU Jatim dan Dinas Kepemudaan Olahraga & Pariwisata Sidoarjo gelar Festival Inovasi Pemuda 2019, Sabtu (21/9/2019) malam.

Ajang yang diikuti oleh puluhan pemuda, baik yang tergabung dalam IPNU dan umum seluruh kabupaten / kota di Provinsi Jatim, ini menampilkan berbagai inovasi karya sendiri. Baik yang berbasis robotika maupun berbasis internet.

Seperti inovasi drone penyemai pupuk untuk sawah, pengusir hama tikus menggunakan tembakan air, dan alat pertumbuhan tanaman yang dapat digunakan siang dan malam.

Wagub-Jatim-Emil-Dardak.jpg

Ketua IPNU Jatim Choirul Mubtadiin mengatakan tujuan acara digelar untuk mewadahi berbagai hasil karya inovasi para pemuda tersebut.

"Sesuai dengan tema yang diusung yaitu inovasi dan ekonomi. Melalui berbagai inovasi itu dapat menghasilkan sebuah perekonomian yang maju di era digital seperti ini," ujarnya 

Ia menjelaskan sebelumnya pihaknya telah menggelar acara serupa. Namun saat itu hanya diikuti oleh pemuda yang bergabung dalam IPNU sendiri.

"Akhirnya pada tahun ini kita gabungkan antara pemuda IPNU dan umum seluruh Jatim. Dan ternyata saya lihat inovasi yang dihasilkan makin beragam dan juga menarik sekali," tambahnya.

Sementara, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengapresiasi penyelenggaraan acara tersebut. Menurutnya melalui acara seperti ini bisa memotivasi para generasi muda untuk terus menghasilkan karya inovasinya.

"Saat ini kita sudah memasuki era ekonomi serba digital. Dan para generasi muda harus produktif dalam menghasilkan inovasi yang juga berbasis digital seperti robotika atau berkonsep Internet of Things," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Di mana melalui acara tersebut dapat membuka peluang generasi muda mengembangkan berbagai kreatifitasnya.

Acara seperti ini merupakan format yang tepat dan strategis dalam menggerakkan tumbuhnya inovasi para pemuda yang berguna bagi masyarakat.

Selain itu diharapkan inovasi yang dihasilkan juga dapat bermanfaat untuk pembangunan di Sidoarjo," tandasnya.

Gelaran Festival Inovasi Pemuda 2019 yang dihelat IPNU Jatim ini menjadi ajanh unjuk kebolehan para pemuda. Acara ini rencananya akan dibuat rutin tahunan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com