Tips Aman Menjaga Kesehatan Gigi di bulan Ramadhan

Home / Gaya Hidup / Tips Aman Menjaga Kesehatan Gigi di bulan Ramadhan
Tips Aman Menjaga Kesehatan Gigi di bulan Ramadhan Kesehatan gigi. (FOTO: Istimewa)

TIMESSIDOARJO, JAKARTA – Pada saat menjalankan puasa, Anda tentunya akan jarang meminum air putih. Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan gigi dan mulut. Lalu, adakah cara efektif untuk mencegah kerusakan gigi saat puasa Ramadhan?

Dilansir dari Hello Sehat, Dr Max Riewer, dokter gigi dari Dubai, menyarankan Anda untuk meminum air yang banyak, makan buah dan sayur, serta menghindari masakan pedas. Selain itu, disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok karena dapat merusak kesehatan gigi dan mulut Anda. Waktu menyikat gigi yang paling baik selama puasa adalah setelah sahur.

Selain hal tersebut, ternyata ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa.

1. Gunakan pembersih lidah

Scraper atau pembersih lidah biasanya digunakan untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang menyelimuti lidah. Biasanya, ampas inilah yang menyebabkan mulut Anda bau. Oleh karena itu, silahkan cari pembersih atau scraper lidah di apotek terdekat. Selain itu, jika Anda sahur atau buka dengan menu ikan dan susu, sebaiknya segera membersihkan gigi setelahnya karena kedua makanan ini mengandung protein spesifik yang akan dipecah dan mengakibatkan bau mulut.

2. Menggunakan antiseptik jika memakai gigi palsu

Bagi Anda yang memakai gigi palsu, cobalah untuk menggunakan antiseptik sebelum tidur untuk membersihkan gigi palsu Anda. Hal ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut yang menghantui Anda setiap bulan Ramadhan tiba.

3. Hindari konsumsi makanan yang lengket

Mulai dari cokelat, berbagai jenis sereal, hingga keju termasuk dalam kategori makanan yang lengket pada gigi. Jika Anda tidak menyikat gigi dengan benar, serpihan makanan tersebut mungkin akan menempel pada gigi Anda. Hal tersebut bisa menyebabkan penumpukan karang gigi dan membahayakan kesehatan mulut dan gigi Anda.

4. Menyikat gigi setelah berbuka dan sahur.

Bila perlu gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida agar dapat mencegah pembentukan rongga dan memperkuat gigi. Selain itu, menyikat gigi adalah hal terpenting dalam mencegah terjadinya gangguan pada kesehatan gigi dan mulut.

5. Mengonsumsi buah dan sayur rebus saat berbuka

Buah dan sayur yang Anda makan pada saat buka puasa ternyata bisa mengembalikan zat mineral pada gigi. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi yang dimiliki oleh keduanya.

Berbagai tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda saat puasa tersebut bisa Anda coba di rumah. Selain tips di atas, dianjurkan pula untuk tetap rutin mengunjungi dokter gigi Anda setelah bulan Ramadhan agar mulut dan gigi Anda tetap terawat dengan baik. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com