Kurang Tidur saat Ibadah Haji? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

Home / Gaya Hidup / Kurang Tidur saat Ibadah Haji? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini
Kurang Tidur saat Ibadah Haji? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini Ilustrasi - Jemaah Haji (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESSIDOARJO, JAKARTA – Saat menjalankan ibadah haji para jemaah dituntut memiliki fisik yang prima. Salah satu cara mendapatkan tubuh prima adalah dengan tidur yang cukup. Kurang tidur saat melaksanakan ibadah haji bisa memicu berbagai gangguan kesehatan.

Berikut deretan gangguan kesehatan yang bisa dialami para jemaah haji jika kurang tidur, dilansir dari Klik Dokter.

1. Kelelahan kronis

Akumulasi dari kurang tidur sangat berbahaya karena bisa menyebabkan lelah kronis. Jika sudah mengalami lelah kronis, pada akhirnya aktivitas di Tanah Suci pun bisa terganggu.

Jika sudah mengalami kelelahan kronis, itu bisa membuat Anda sulit berpikir dan berkonsentrasi. Paling sering, kelelahan kronis bisa membuat Anda mudah lupa memori jangka pendek.

2. Tubuh selalu lemas

Kurang tidur membuat tubuh mudah lelah. Ketika Anda lelah, pola makan pun cenderung terganggu. Bahkan terkadang konsumsi gula dan garam pun meningkat.

Gula termasuk karbohidrat simpleks yang memberikan energi sebentar, tapi cepat hilang juga dan akhirnya membuat tubuh menjadi lemas.

3. Memperburuk kondisi penyakit

Bagi Anda yang punya masalah kesehatan serius seperti hipertensi dan masalah jantung, kebutuhan tidur Anda harus cukup.

Kurang tidur akan memperburuk keadaan ini. Biasanya, saat tidur, jantung itu bekerja lebih lambat, jadi kalau dipaksa bangun, jantung akan terus-terusan bekerja. Akhirnya tensi pun bisa jadi naik.

4. Sakit kepala

Sakit kepala termasuk salah satu yang sering terjadi ketika Anda kurang tidur. Kepala biasanya akan terasa berat ketika dipakai beraktivitas.

5. Depresi

Kurang tidur bisa menyebabkan depresi juga. Ini karena kurang tidur biasanya menyebabkan mood atau suasana hati menjadi turun. Akhirnya segala sesuatu yang dikerjakan masalah jadi setengah-setengah.

Itulah lima gangguan kesehatan bisa timbul akibat kurang tidur saat ibadah haji. Selalu jaga kesehatan fisik dan mental selama menjalankan rangkaian ibadah haji. Pastikan bahwa Anda cukup tidur agar aktivitas ibadah haji yang Anda jalani bisa berlangsung lancar. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com