Selesaikan Konflik Suriah, Putin dan Trump Sepakat Tak Gunakan Militer

Home / Berita / Selesaikan Konflik Suriah, Putin dan Trump Sepakat Tak Gunakan Militer
Selesaikan Konflik Suriah, Putin dan Trump Sepakat Tak Gunakan Militer Konflik Suriah. (FOTO: SINDOnews)

TIMESSIDOARJO, JAKARTA – Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Danang Vietnam, Sabtu (11/11) sepakati beberapa hal soal penyelesaian politik tanpa peran militer pada konflik dan peperangan di Suriah.

Sebuah keterangan tertulis pada Sabtu (11/11) dari Pemerintah Rusia menyatakan pernyataan bersama antara Rusia dan AS soal Suriah tersebut adalah hasil koordinasi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson.

Sementara Gedung Putih belum mengeluarkan pernyataan resminya soal pembicaraan di antara kedua tokoh tersebut di sela-sela pertemuan puncak Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di kota Danang, Vietnam.

Putin dan Trump juga sepakat soal upaya bersama memerangi sisa kekuatan IS di kawasan Timur Tengah. Dalam posisi IS semakin terdesak di Suriah, perhatian dunia kini tertuju pada perang yang lebih luas antara kelompok Presiden Bashar al Assad dengan anasir gerilyawan.

Kedua kepala negara mengakui kedaulatan Suriah, kemerdekaan, keutuhan wilayah, dan mendesak semua pihak yang terlibat dalam konflik di Suriah untuk terlibat aktif dalam proses politik di Jenewa. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com