Sering Konsumsi Makanan Fermentasi, Ini Manfaatnya

Home / Gaya Hidup / Sering Konsumsi Makanan Fermentasi, Ini Manfaatnya
Sering Konsumsi Makanan Fermentasi, Ini Manfaatnya ILUSTRASI. Makanan fermentasi bermanfaat untuk kesehatan. (FOTO: livestrongcdn.com)

TIMESSIDOARJO, JAKARTA – Fermentasi merupakan sebuah proses yang melibatkan penguraian gula oleh bakteri dan ragi. Melalui proses tersebut selain dapat membantu meningkatkan pengawetan makanan, juga memperbanyak jumlah bakteri baik di usus. Beberapa jenis makanan dan minuman hasil fermentasi yang banyak digemari adalah tempe, yoghurt hingga kimchi. Dilansir dari Klik Dokter, mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi bermanfaat baik untuk kesehatan.

Merangsang Pertumbuhan Bakteri Baik
Mengonsumsi makanan dan minuman yang telah melalui proses fermentasi akan menguntungkan sistem pencernaan Anda. Probiotik telah terbukti  menjaga kesehatan usus, membantu proses pencernaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, ketidakseimbangan bakteri dalam usus dapat menyebabkan intoleransi laktosa, intoleransi gluten, infeksi jamur, alergi, bahkan asma.

Menyerap Nutrisi Makanan Lebih Baik
Makanan berfermentasi dapat menjaga keseimbangan bakteri di usus dengan tepat dan membuat enzim pencernaan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda makan. Memadukan hal tersebut dengan diet makanan sehat akan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com